TUGAS 1

DATABASE

DOSEN: AHMAD BACHRIS

NAMA : DICKY YUDHA BIMAYAKSA

KELAS: TKJ 1A




1. Terangkan dengan singkat dan jelas tentang Database Manajemen System (DBMS) dan program/aplikasi untuk melakukan query!


2. Terangkan dengan singkat dan jelas yang dimaksud dengan Database yang disimpan dan Metadata!

3. Apa yang dimaksud dengan general-purpose pada DBMS!

4. Terangkan dan berikan contoh tentang On Line Transaction Processing (OLTP)!

5. Apa yang anda ketahui tentang GUI dan apa yang dimaksud dengan stand-alone-user!

6. Jelaskan secara singkat tentang back up dan recovery pada DBMS!








Jawab

1. Sistem manajemen basis data (Bahasa Inggris: database management system, DBMS), atau kadang disingkat SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna .
Aplikasi untuk melakukan Query:
-. Microsoft Access Microsoft Access adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasidatabase dalam waktu yang relatif . Umumnya Microsoft acces digunakandalam pembuatan aplikasi dalam skala kecil, seperti program untuk kasir pada sebuahkoperasi, aplikasi penjualan toko, membuat billing warnet dll
-. FlySpeed SQL FlySpeed Query SQL adalah alat query SQL sederhana dan cepat untuk sebagian besar tersedia dalam versi FlySpeed berikut versi SQL Query StandardFree .

2. Database yang disimpan real adalah kumpulan informasi yang dapat berupa teks, gambar, atau file yang disimpan dalam system penyimpanan dengan bentuk data yang terintegrasi tanpa adanya pengulangan data dan disimpan sebagai data kedalam database.
Metadata adalah suatu data informasi tersusun dan terstruktur yang mendeskripsikan dan menjelaskan data yang disimpan didalam database, sehingga memudahkan untuk menemukan, menggunakan atau mengelola kembalai data tersebut. Metadata juga sering diartikan informasi-informasi tentang suatu data informasi seperti menggambarkan karakteristik informasi untuk membantu dalam identifikasi, penemuan, penilaian, dan pengelolaan informasi dalam suatu basis data. Misalnya, apabila data tersebut berupa gambar (image) maka metadata akan mengandung informasi siapa pengambil foto tersebut dan kapan foto itu diambil. Sedangkan untuk jenis data berupa kumpulan file, nama-nama file, tipe file, dan nama pembuat file.

3. General-purpose pada DBMS adalah software yang digunakan untuk membantu user memaintain database secara keseluruhan yang tidak selalu dibutuhkan untuk mengimplementasikan database yang terkomputerisasi

4. Online Transaction Processing atau sering dikenal dengan OLTP adalah sistem yang berorientasi proses yang memproses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Misalnya biasa digunakan pada sebuah supermarket, kasir menggunakan mesin dalam proses transaksinya. OLTP mempunyai karakteristik beberapa user dapat creating, updating, retrieving untuk setiap record data, OLTP sangat optimal untuk updating data
Contoh penggunaan :
Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) "Automatic Teller Machine", merupaan OLTP yang merujuk kepada proses di mana sisem segera merespon permintaan pengguna (User). ATM ini bagi bank merupaka salah satu contoh aplikasi pemrosesan transaksi komersial yang menggunakan OLTP

5. Graphical User Interface (GUI) adalah suatu sistem interface pada komputer yang
memberikan atau memfasilitasi tampilan pilihan pada layar, yang biasanya berbentuk ikon (simbol gambar) atau menu (daftar karakter alfanumerik) sebagai sarana yang dapat digunakan pengguna untuk memberikan perintah melalui device input.
Stand-alone-user adalah aplikasi yang hanya berjalan pada satu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu orang dalam satu waktu (tidak bisa bersamaan). Database beserta program aplikasinya berada dalam satu komputer , dan pengguna mengaksesnya dalam waktu dan tempat yang sama. Biasanya, aplikasi seperti ini, kita buat untuk menangani pengolahan data atau sistem informasi yang llingkupnya kecil. Contoh database yang sering digunakan adalah MS Access, Paradox, dBase, dan FoxPro. Sedangkan program aplikasinya bebas menggunakan apa saja, misalnya Visual basic, Delphi, atau CPP.

6. Backup : proses secara periodik untuk mebuat duplikat ari database dan melakukan logging file (atau program) ke media penyimpanan eksternal.             
Recovery : merupakan upaya uantuk mengembalikan basis data ke keadaaan yang dianggap benar setelah terjadinya suatu kegagalan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMESTER 4

SEMESTER !

SEMESTER 3