tugas kekangan basis data

1). Simpulkan materi tersebut secara singkat dan benar !


Kekangan dalam basis data merupakan aturan database yang dibuat agar database dapat terhubung secara baik sesuai tujuan pembuatannya. Aturan ini bertujuan untuk menjamin data yang inputkan mempunyai keamanan yang terjaga. Aturan pada kekangan database ini meliputi beberapa aspek yaitu redudansi data (pengulangan data), inkonsistensi (munculnya data yang tidak konsisten), data terisolasi (data terpisah), security data (keamanan data), integritas data (kinerja sistem agar dapat terkontrol dan mengendalikan seluruh bagian sistem). Pada basis data terdapat dua sudut pandang yaitu user dan perancang dan pada perancang terbagi menjadi dua bentuk sudut pandang yaitu konseptual dan fisik.
2). 2 contoh kasus kekangan pada basis data !
a. paling sederhana

contoh kasus : terdapat kerangkapan dalam basis data karyawan, tepat nya pada kolom gaji
 
kerangkapan ini dapat diatasi dengan cara membagi basis data karyawan menjadi dua bagian. pertama data karyawan_1 (berisi identitas yang menyangkut karyawan tersebut).

 dan file basis data yang kedua Jabatan yang berisi hubungan antara Gaji dan Jabatan nya.

b. yang tidak sederhana

contoh kasus : terdapat kerangkapan pada dua file sistem basis data yang berbeda. kerangkapan terjadi pada kolom Nama.
 
 

kerangkapan tersebut dapat diselesaikan dengan cara menghapus kolom yang mempunyai kerangkapan, contoh nya :
 
 
3). Kesimpulan dari contoh diatas !
Permasalahan yang dapat timbul dalam basis data adalah ditemukan adanya kerangkapan data. dan dalam kasus ini, pada kasus pertama terjadi kerangkapan dibaris (record) pada satu file basis data yang sama. pada contoh kedua, masalah yang lebih rumit dikarenakan terjadinya kerangkapan field pada file basis data yang berbeda. sebagai pemecahan kasus pertama dengan cara memecah file basis data menjadi dua bagian file, dan pemecahan masalah pada kasus kedua dengan menghapus field yang sama lalu saling digabungkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMESTER 4

SEMESTER !

SEMESTER 3