SEMESTER 3
SEMESTER 3
Disemester ini
terdapat beberapa mta kuliah baru dibanding semester sebelumnya
Berikut macam macam
mata kuliahnya:
Ø
1. Interaksi Manusia
dan Komputer
Ø
Keamanan Komputer dan
Pemulihan Bencana
Ø
Pemrograman Basis
Data
Ø
Pemrograman
Beorientasi Objek
Ø
Pemrograman Web
Ø
Protokol Perutean
Ø
Sistem Operasi
Ø
Sistem Informasi
Manajemen
1. Interaksi Manusia
dan Komputer
Mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem
komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan
mudah.
Tujuan utama IMK adalah untuk: 1. Membuat sistem yang lebih: Berguna
(usable) Aman Produktif Efektif Efisien Fungsional 2. Meningkatkan interaksi
antara manusia dgn sistem komputer Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman
(safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas
(utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras
dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik
itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan
Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut
mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat
meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.
2. Keamanan Komputer
dan Pemulihan Bencana
Mempelajari bagaimana mengamankan komputer baik dari maupun dari luar dalam
mengamankan data ataupun mengamankan hardware dari perangkat komputer tersebut.
Materinya antara lain Physical beometri and biometrics, cyber law, cyber law
and crime, sistem operasi, virus and other wild life, keamanan sistem
informasi, cryptography, computer forensic, etika, kejahatan dan privasi komputer,
disaster recovery plan, algoritma kriptografi.
3. Pemrograman Basis
Data
Pembahasan mengenai pendekatan sistem menggunakan basisdata versus menggunakan
file/berkas, pandangan umum mengenai sistem basisdata, lingkungan basisdata,
perancangan basis data , pemodelan data dalam basisdata, model
entity-relationship, model relasional, normalisasi, aljabar relasional,
structured query languange (SQL), dan overview teknologi-teknologi basis data
terkini.
Pada mata kuliah ini mahasiswa membuat web yang sudah memiliki database yang
terintegrasi, software yang dipakai adalah postgres sql dan zend studio.
4. Pemrograman
Beorientasi Objek
Prinsip
dasar-dasar penyusunan pemrograman berorientasi obyek: konsep enkapsulasi,
pewarisan, polimorfisme, serta pemodelan dengan UML dengan penguasaan bahasa
pemrograman berorientasi obyek tertentu (C++ atau Java).
5. Pemrograman Web
Mempelajari konsep dasar hiperteks, HTML (tag), CSS, pembuatan halaman web
(menggunakan editor teks dan Macromedia Dreamweaver), pembuatan script
(JavaScript); menampilkan data dalam web dengan format XML. Pada mata kuliah
ini mahasiswa belajar dasar-dasar dalam membuat web dengan baik dan benar,
software yang dipakai adalah notepad++.
6. Protokol Perutean
Membahas tentang konsep dasar routing dan komponen-komponen router, routing
statik, routing dinamis, routing protocol distance vector, karakteristik
routing protocol RIPv1, CIDR, routing protocol RIPv2, bagaimana router mencari
informasi dalam routing table, routing protocol EIGRP, routing protocol link
state, routing protocol OSPF.
Pada
mata kuliah ini terdapat praktek yang dilakukan di lab jaringan dengan router
dan switch yang ada disana selain di lab jaringan praktek juga dapat dilakukan
di kelas dengan software simulasi packet tracer.
7. Sistem Operasi
Membahas tentang dasar-dasar sistem operasi pada komputer, bagaimana sistem
operasi pada komputer itu bekerja dan tahapan- tahapannya. Materi yang
dipelajari adalah mengapa mempelajari OS, sejarah OS, struktur sistem komputer,
struktur sistem operasi, manajemen proses, penjadwalan proses, sinkronisasi dan
deadlock.
8. Sistem Informasi
Manajemen
Mempelajari mengolah data menjadi informasi, menyajikan informasi dalam bentuk
yang tepat didalam perusahaan, sehingga dapat membantu prose manajamen,
menghapus/menghilangkan informasi yang out of date, tidak lengkap, salah dan
menggantinya dengan informasi yang berguna.
Komentar
Posting Komentar